KI KD Desain Media Interaktif

  3.1 Memahami Konsep Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web dan Media Interaktif


Konsep Dasar Multimedia Interaktif

Produk multimedia berdasarkan karakteristik yang terbagi menjadi dua kategori yaitu multimedia linier dan multimedia non linier. Multimedia linier yaitu produk multimedia yang di mulai dari awal menuju akhir dengan sedikit atau tanpa adanya interaksi. Dari penjelasan diatas maka kunci utama dari multimedia interaktif adanya pengguna yang bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan system dengan baik. Yang dapat menggabungkan antara komponen-komponen multimedia dengan bahasa pemrograman sehingga hasil yang akan didapat, dapat berinteraksi dengan pengguna. Multimedia dibagi menjadi komponen-komponen multimedia yang perlu diketahui yaitu teks, foto, seni grafis, video, suara, serta animasi.



3.2 Memahami (desain/perancangan alur) untuk Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web dan Media Interaktif


A. Flowchart Multimedia Interaktif

Flowchart adalah bagian-bagian yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Untuk multimedia interaktif flowchart menggambarkan secara langsung alur dari proyek yang dibuat. Mulai dari awal program, iput, proses, output dilanjutkan dengan keluar dari program.

B. Storyboard Multimedia Interaktif

Storyboard atau disebut juga kerangka grafis digunakan untuk mendiskripsikan proyek multimedia interaktif dengan detail menggunakan kata-kata dan sketsa untuk setiap tampilan layar, suara, pilihan navigasi, pilihan warna dan gradasi yang tepat, isi teks, atribut dan font, bentuk tombol, style,umpan balik/respon. Secara lebih mudahnya storyboard merupakan gambaran grafis/visual dari proyek yang akan kita buat didalamnya mencakup teks, audio, grafik, animasi, video, dan aspek interaktif.

C. Format Storyboard dan Komponen

Format storyboard multimedia interaktif antara lain:

  • Format storyboard jenis kartu
  • Format storyboard jenis Double Column
  • Format storyboard jenis landscape -1



3.3 Menerapkan Prinsip-prinsip Desain User Interface pada Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web dan Media Interaktif


Prinsip Desain User Interface

Beberapa prinsip utama dalam pendesainan interface memiliki antara lain sebagai berikut:

  • Prinsip compatibility
  • Prinsip consistency
  • Prinsip direct manipulation
  • Prinsip control
  • Prinsip ease of learning and ease of use
  • Prinsip familiarty
  • Prinsip flexibility
  • Prinsip invisible technology
  • Prinsip protection
  • Prinsip rebotness
  • Prinsip responsiveness
  • Prinsip simplicity
  • Prinsip WYSIWYG


3.4 Menerapkan Prosedur Pengoperasian Aplikasi Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web dan Media Interaktif


Konsep adalah sesuatu hal yang memahami dari suatu pemikiran atau ide yang ada. Sedangkan Multimedia secara istilah multimedia ini memiliki dua kata yang berasal dari bahasa Latin, yaitu dari kata ‘multi’ yang mempunyai arti banyak dan ‘medium’ yang kalau arti multimedia ini GReader adalah sesuatu yang di gunakan untuk memberikan atau bisa juga membawa sebuah hal. Jadi artian secara keseluruhan Konsep Multimedia itu ialah pemahaman tentang pemanfaatan komputer dalam pembuatan dan penggabungan dari bagian teks, gambar, suara, video, dan animasi yang dapat membuat sipemakai dalam menggunakan atau berhubungan baik secara web ataupun media.



3.5 Menerapkan Cara Penggabungan Image, Animasi, Audio, Video dalam Sajian Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web dan Media Interaktif


Unsur media interaktif yang biasanya terdapat pada multimedia interaksi berbasis halaman adalah:

  • Teks, ialah digunakan sebagai penunjuk inti yang menjelaskan sejak awal situsnya dikunjungi kepada user mengenai tema serta layanan pada situs web.
  • Image, ialah grafik yang dipakai untuk melakukan promosi sehingga para pengguna berminat mengunjungi halaman web.
  • Animasi, ialah salah satu media interaktif yang mampu bergerak karena hasil buatan dan rancangan manusia melalui aplikasi perangkat lunak tertentu. Animasi ini GReader biasanya digunakan untuk menarik pengguna agar mengunjungi situs web miliki kita.
  • Audio, ialah suara yang dapat didengar di dalam multimedia interaktif berbasis halaman web. Audio biasanya digunakan dalam situs web music online dan sebagainya.
  • Video, merupakan media visual yang mampu bergerak dan mengeluarkan audio secara bersamaan. Video juga mampu menjadi bahas promosi dan menyalurkan layanan.



3.6 Memahami Style pada Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web dan Media Interaktif


Elemen Media Interaktif

Multimedia interaktif ini ialah penggabungan semua media misal:
  • Teks
    Teks ialah suatu artian yang berupa medium visual yang dipakai untuk mengartikan bahasa lisan. Teks tersebut memiliki bermacam jenis bentuk, ukuran, dan juga warna.
  • Gambar
    Gambar merupakan suatu hasil dari penjelasan sebuah gambar visual yang ada. Gambar ini diperlukan untuk menunjukkan informasi yang tidak bisa diartikan lewat sebuah kata.
  • Audio
    Audio adalah semua hal yang dapat di dengar dengan menggunakan pendengaran.
  • Video
    Video merupakan sebuah hal yang dapat dilihat dengan juga di dengar.
  • Animasi
    Animasi adalah suatu pergerakan yang di ciptakan dengan menampilkan deretan frame kepada layar.
  • Java applet
    Java applet adalah sebuah program kecil yang dimasukkan ke dalam halaman web yang melakukan tugas tertentu.
  • Animasi GIF
    Animasi GIF adalah sekelompok gambar GIF di simpan file GIF animasi di masukkan ke dalam halaman web.


3.7 Mengevaluasi Produk Web


Untuk mengevaluasi sebuah website kita bisa menggunakan sebuah parameter sebagai acuan dalam penilaian kita. Ada banyak sekali parameter yang dapat digunakan untuk mengevaluasi sebuah website. Namun secara umum ada beberapa parameter yang paling sering digunakan dalam menilai sebuah website seperti:

  • Accesibility
    Yaitu bagian yang menjelaskan seberapa baik sebuah website dalam aspek aksesnya. Seperti apakah website tersebut sudah dapat diakses menggunakan teknologi-teknologi terbaru yang ada saat ini seperti melalui ponsel atau PDA.
  • Readibility
    Yaitu bagian yang menjelaskan tentang “Apakah situs tersebut nyaman untuk dibaca?” dan “Apakah pengakses bisa mudah membaca dan mengerti isi situs tersebut?”.
  • Speed
    Yaitu bagian yang menjelaskan tentang kecepatan tampilnya sebuah situs. Pengakses cenderung malas dan langsung menutup browser pada saat mereka membuka sebuah situs yang lambat diakses, sehingga mereka harus menunggu beberapa lama untuk melihat tampilan situs tersebut. Pengakses cenderung tidak mau menunggu terlalu lama untuk melihat sebuah situs. Semakin cepat situs itu dalam melakukan loading time pastinya akan semakin baik.
  • Content
    Yaitu bagian yang menjelaskan tentang kecepatan tampilnya sebuah situs. Pengakses cenderung malas dan langsung menutup browser pada saat mereka membuka sebuah situs yang lambat diakses, sehingga mereka harus menunggu beberapa lama untuk melihat tampilan situs tersebut. Pengakses cenderung tidak mau menunggu terlalu lama untuk melihat sebuah situs. Semakin cepat situs itu dalam melakukaYaitu bagian yang menjelaskan tentang isi dari website tersebut. Karena itu konten adalah bagian yang paling penting dari sebuah penilaian. Karena itu konten haruslah menarik, relevan, dan sesuai untuk target audien situs yang dituju.an loading time pastinya akan semakin baik.
  • Technology
    Maksud dari technology disini yaitu menjelaskan tentang aplikasi atau teknologi apa saja yang digunakan dalam pengembangan website tersebut. Seperti teknologi yang yang digunakan dalam segi mendesain website tersebut. Dan seberapa baik desain itu dibangun.


3.8 Menerapkan Teknik Pemograman (coding) pada Multimedia Interaktif


Pengertian coding adalah suatu proses menulis menguji dan memperbaiki dan memelihara kode yang akan membangun suatu program komputer.

Bahasa pemrograman populer di Indonesia
  • Java
    Java merupakan bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai platform dari mulai komputer sampai perangkat mobile.
  • PHP
    Merupakan bahasa pemograman yang paling banyak digunakan di Indonesia karena bahasa pemograman ini termasuk server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website website ataupun digg.


3.9 Menerapkan Pengolahan Multimedia Interaktif Menggunakan Kode Program (coding)


Sama halnya ketika menggunakan bahasa pemograman yang lain .menuliskan code program dalam bahasa pemograman .sebagai contoh misalnya menuliskan kode program dalam bahasa pemograman PHP untuk menampilkan teks.



3.10 Memahami Mekanisme Pengolahan Data pada Produk Multimedia Interaktif




Mengenal Pengolahan Data

Pengolahan data merupakan manipulasi data agar menjadi bentuk yang lebih informatif. Pengolahan data ini tidak hanya berupa perhitungan numerik tetapi juga operasi-operasi seperti klarifikasi data dan perpindahan data dari satu tempat ke tempat lain. Saat ini operasi-operasi tersebut dilakukan oleh beberapa mesin atau komputer, meskipun beberapa diantaranya dapat juga dilakukan secara manual.

Mekanisme Pengolahan Data pada Media Interaktif

Jika produk media interaktif berupa media yang akan menampilkan data form, maka mekanisme pengolahan datanya yaitu pengguna akan diminta untuk menginputkan data. Setelah data berhasil terinput, Adobe Flash akan melakukan pengolahan data dengan menggunakan ActionScript pada saat data tersebut akan ditampilkan. Output yang dihasilkan pada media interaktif ini yaitu berupa data sesuai yang telah diinputkan sebelumnya. Sementara apabila produk media interaktif berupa game atau media interaktif evaluasi / kuis, mekanisme pengolahan datanya yaitu pengguna akan diminta untuk memasukkan inputan berupa jawaban yang diminta oleh produk media interaktif.



3.11 Memahami Publikasi Multimedia Interaktif



Mengamati Contoh berbagai pengolahan data pada produk multimedia Menanya  Mendiskusikan tentang pengolahan data pada produk multimedia Eksperimen/Eksplorasi  melakukan pengolahan data pada produk multimedia Asosiasi Membuat kesimpulan tentang pengolahan data pada produk multimedia



3.12 Menerapkan Pembuatan Produk Multimedia Interaktif



Adapun yang dikerjaan merupakan Pembuatan Multimedia Interaktif dengan menggunakan Flash. menggunakan Flash dikarenakan merupakan salah satu software yang powerfull dalam membuat multimedia interaktif yang powerfull hingga saat ini.
Harga yang tawarkan dalam Harga Pembuatan Multimedia dengan Flash ini bervariasi tergantung dari permintaan dari klien serta tingkat kesulitannya. Selain pembuatan aplikasi multimedia interaktif pun menerima media penyampaian multimedia ini dalam bentuk Mesin Kiosk Information System atau CD Interaktif Berikut ini merupakan portfolio yang telah kami kerjakan : Portfolio.
Selain itu saat ini multimedia interaktif banyak di gunakan oleh sekolah mulai dari SD (Sekolah Dasar), SMP, SMA dan bahkan sampai perguruan tinggi sebagai bahan / materi pendukung untuk pengajaran dan proses pendidikan. Mengingat saat ini zamannya teknologi, maka simulasi atau multimedia pembelajaran elektronik ini dapat membuat materi yang disampaikan lebih jelas dan mengena kepada para siswa.



4.1 Mendemonstrasikan Konsep Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web dan Media Interaktif



Elemen Media Interaktif

Multimedia interaktif ini ialah penggabungan semua media misal : Teks, Gambar, Suara, Vidio dan Animasi.

  • Teks. Teks ialah suatu artian yang berupa medium visual yang di pakai untuk mengartikan bahas lisan.Teks tersebut memiliki bermacam jenis bentuk, ukuran, dan juga warna.
  • Gambar. Gambar merupakan suatu hasil dari pejelasan sebuah gambar visual yang ada.Untuk GReader ketahui gambar ini di perlukan untuk menunjukan informasi yang tidak bisa diartikan lewat sebuah kata


4.2 Membuat (desain/perancangan alur) untuk Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web dan Media Interaktof


Flowchart Multimedia Interaktif

Flowchart adalah bagian-bagian yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah –langkah penyelesaian suatu masalah. Untuk multimedia interaktif flowchart menggambarkan secara langsung alur dari proyek yang dibuat. Mulai dari awal program, input, proses, output dilanjutkan dengan keluar dari program.

Storyboard Multimedia Interaktif

Storyboard atau kerangka grafis digunakan untuk mendiskripsikan proyek multimedia interaktif dengan detail menggunakan kata-kata dan sketsa untuk setiap tampilan layar, suara, pilihan navigasi, pilihan warna dan gradasi yang tepat, isi teks, atribut dan font, bentuk tombol, style, umpan balik/respon. 



4.3 Membuat User Interface Menggunakan Prinsip-prinsip Desain User Interface pada Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web dan Media Interaktif


Secara definisi user itu merupakan komunikasi yang terjadi antara si pengguna dengan suatu sistem didalamnya.tujuan dari user interface yaitu membuat efek secara sederhana dan efektif. Dalam pendesainan interface atau antarmuka ini memiliki beberapa prinsip yang dibilang cukup penting yaitu:

  • User comparibility
    Designer harus mengumpulkan berbagai ragam dari si pemakai karna sifat pemakai tidak sama yang harus disesuaikan.
  • Product comparibility
    Aplikasi yang sesuai dengan sistemnya pada interface berbeda dengan sistem yang manual yang menghasilkan hasil lainnya.
  • Task comparibility
    Aplikasi yang membantu para pemakai dalam menyelesaikan pekerjaan .
  • Work flow compatibility
    Sistem manual yang terdapat langkah kerjanya dalam hal penyelesaian tugas.
  • Consistency
    Sistem yang konsisten dalam sistem yang ada sesuai barangnya yang di dasarkan kepada setiap sifat dari semua orang yang berbeda.
  • Familiarty
    Memberikan tampilan yang terkesan pada pemakai.
  • Simplicity
    Memberikan sistem sederhana yang tidak membuat si pemaka kebingungan.
  • Direct manipation
    Pengguna sangat ingin mempunyai suatu media yang dapat melakukan satu kemajuan terhadap sistemnya dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan itu.
  • Control
    Prinsip yang SMA dengan sifat user yang mempunyai pemikiran yang bisa berganti.
  • WYSIWYG
    Sistem yang mempunyai arti ialah apa yang kamu lihat itu yang kamu dapatkan
  • Flexsibility
    Bentuk kelenturan dari penyelesaian pada saat meyelesaikan masalah.
  • Responsiveness
    Sistem yang memberi kerjaan dari hasil data yang dimasukan.
  • Invisible technology
    Secara pemikiran si p3makai memiliki sarabingin terhadap kegebatandari sistem yang ada.



4.5 Menggabungkan Image, Animasi, Audio, Video dalam Sajian Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web dan Media Interaktif


Cara menggabungkan image,animasi,audio,Vidio dengan keinginan berupa multimedia berbasis halaman web dan media interaktif adalah dengan cara mengupload pada situs web tersebut. Unsur media interaktif yang biasanya terdapat pada multimedia interaksi berbasis halaman adalah:

  • Teks,digunakan sebagai petunjuk inti yang menjelaskan sejak awal situsnya dikunjungi kepada user mengenai tema serta layanan pada situs web.
  • Image, grafik yang dipakai untukelakukan promosi sehingga para pengguna berminat mengunjungi halaman web.
  • Animasi, salah satu media interaktif yang mampu bergerak karena hasil buatan dan rancangan manusia melalui aplikasi perangkat lunak tertentu.
  • Audio, media visual yang mampu bergerak dan mengeluarkan audio secara bersamaan.



4.6 Membuat Style pada Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web dan Media Interaktif


Style pada multimedia interaktif pada umumnya untuk membuat multimedia interaktif dengan tampilan menarik besrta kemudahan dalam mengubah tampilan layar berkaitan erat dengan kinerja style CSS.
Pengaturan style pada teksmeliputi beberpa jenis rangkaian prorpeti diantara pewarnaan,spasi,jenis font,style font,color,dan sebagainya yang dapat dikondisikan dalam kemasan CSS.
Pengaturan style pada tampilan audio yang dibuka adakalanya diiringi alunan musik dengan menammbahkan elemen untuk memanggil file musik didalamnya.



4.7 Membuat Review Terhadap Produk Web


Review produk adalah ulasan atau testimoni mengenai kualitas suatu produk barang atau jasa berdasarkan pengalaman faktual pengguna.

Tujuan review produk:

  • memberikan informasi kepada calon lainnya
  • memperkenalkan merek/brand awareness
  • memberikan persuasi.
Persiapan menulis review produk:

  • Lakukan riset sebelum menulis review produk
  • Melakukan pengujian
  • Memahami demografi pembaca
  • Menyimpan kerangka review produk
  • Menyiapkan konten visual



4.8 Menggunakan Program (coding) pada Multimedia Interaktif


Coding adalah keterampilan yang sangat diminati di industri teknologi. Bagi banyak orang,ilmu komputer dan coding tampaknya keterampilan asing yang tidak mungkin dipahami. Karna itulah panduan pengidean untuk pemula ini dimulai sejak awal.

Saat mempelajari mulai membuat coding ada beberapa hal yang harus dipahami yaitu:
  • Pelajari dasar ilmu komputer.
  • Memahami cara kerja jaringan.
  • Biasakan diri anda dengan baris perintah.
  • Penting mengetahui cara mulai membangun situs web dan mendapatkan domain.



4.9 Mengolah Multimedia Interaktif Menggunakan Kode Program (coding)


Kode (dalam bahasa Indonesia) merupakan singkatan dari kode sumber atau source code.
Code adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan teks yang ditulis menggunakan protokol bahasa tertentu oleh pemrogram komputer.
Adapun contoh dari beberapa bahasa pemrograman termasuk C, C #, C ++, Java, Perl, PHP atau Ruby.
Kode juga dapat digunakan dengan cara yang tidak terlalu formal untuk merujuk ke teks yang ditulis untuk bahasa markup atau gaya, seperti HTML dan CSS (Cascading Style Sheets) dimana hal ini juga sesuai berdasarkan sumber yang Kami simpulkan dari Situs Computerhope.
Sebagai contoh misalnya, Anda mungkin melihat orang membuat referensi ke code dalam berbagai bahasa coding, seperti “kode C”, “kode PHP”, “kode HTML”, atau “kode CSS”.



4.10 Mengolah Data pada Produk Multimedia Interaktif



Fungsi Dasar Pengolahan Data

Terdapat beberapa fungsi dasar pengolahan data, di antaranya yaitu sebagai berikut.

  • Pengolahan data untuk mengambil program dan juga data berupa masukan atau input data.
  • Pengolahan data untuk menyimpan program data dan menyediakan suatu pemrosesan.
  • Pengolahan data untuk menjalankan proses aritmatika dan juga logika pada suatu data yang tersimpan.
  • Pengolahan data untuk menyimpan hasil sampai hasil akhir suatu pengolahan.
  • Pengolahan data untuk menampilkan dan juga mencetak data yang sudah tersimpan.
Bentuk pengolahan data pada multimedia interaktif di antaranya yaitu pembuatan form dan pembuatan skoring pada game.



4.11 Melakukan Publikasi Multimedia Interaktif


CD Interaktif Personal Profile .

Ringkasan tentang profil pribadi Anda, Pendidikan, Pekerjaan, dan segala kelebihan yang Anda miliki untuk diketahui oleh publik atau pihak-pihak yang berkepentingan untuk mendukung karier ataupun visi-misi Anda sebagai seorang public figure. Dengan memiliki sebuah video profil personal, maka Anda akan dengan mudah promosi untuk berbagai keperluan bisnis, dan lain sebagainya.

CD interaktif Annual Report .

Annual Report (AR) / Laporan tahunan merupakan laporan perkembangan dan pencapaian yang berhasil diraih organisasi dalam setahun. Isi dari laporan tahunaun tersebut mencakup laporan keuangan dan prestasi akan kinerja organisasi,perusahaan atau instansi selama satu tahun .

CD Presentasi multimedia (workshop, seminar, marketing, dll).

Sesuai dengan namanya berfungsi untuk membuat sebuah presentasi atau paparan yang menarik baik dalam sebuah acara seminar,workshop ataupun yang lainnya.



4.12 Mendesain Produk Multimedia Interaktif


Multimedia Pembelajaran Interaktif merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik dengan sangat efektif dan efisien. Keunggulan utama media pembelajaran interaktif yaitu interaktivitas itu sendiri membuka berbagai peluang interaksi antara pengguna dengan media. Namun demikian untuk membentuk interaktivitas yang baik yang diperlukan pengetahuan baik tentang desain antar muka dan teknik pemrograman, dua hal yang menjadi kelemahan bagi sebagian besar tenaga pengajar di Indonesia. Minimnya literatur yang membahas baik secara teori secara praktik tentang prinsip desain multimedia pembelajaran interaktif, sekaligus proses pemrograman maupun untuk menampilkan interaktivitas pada media mengakibatkan kurang berkembangnya media pembelajaran interaktif yang berkualitas, yang pada akhirnya media pembelajaran hanya sebatas memindahkan materi statis dari media konvensional seperti buku, ke layar komputer. Buku ini membahas tentang proses desain, prinsip desain media pembelajaran sampai dengan proses pemrograman untuk membentuk interaktivitas suatu media. Pembahasan dalam bentuk teori dan praktik, dilengkapi dengan penjelasan ditiap-tiap program, dengan langkah-langkah yang paling mudah untuk diikuti oleh semua kalangan.

Comments

Popular posts from this blog

Jurnal Kuliah PTI Teknik Informatika 2022